Apa itu InWOCNA

Enterostomal Therapy Nurse atau ETN merupakan spesialisasi keperawatan dalam bidang enterostomal therapy, “expert” dalam melakukan asuhan keperawatan stoma, perawatan luka dan inkontinensia. Atau yang dikenal dengan nama lainnya adalah Wound Stoma and Continence Nurse Specialist atau WOCNS. Pertama kalinya “Enterostomal Therapist” dikenalkan oleh Dr. Rupert Turnbull, dari Cleveland clinic, USA pada tahun 1958. Beliau bersama dengan salah satu pasien ileostominya, Mrs. Norma Gill, mengadakan training program untuk para profesional pertama kali tentang bagaimana membantu pasien stoma dalam menjalani kehidupannya yang baru.

Mrs. Norma Gill adalah seorang penderita pyoderma gangrenosum dan ulcerative colitis. Diusianya yang ke 34 tahun ia harus menjalani pembedahan ileoustomi. Sepanjang hidupnya ia dikenal, sebagai orang yang selalu memberikan konseling, dorongan dan semangat kepada orang-orang yang akan dilakukan pembedahan urostomi, ileoustomi maupun kolostomi. Gill juga sebagai pelopor berdirinya United Ostomy Association yang sekarang bernama International Ostomy association (IOA ) sebagai wadah dari para ostomate sedunia untuk bertemu dan berbagi pengalaman hidup tentang stoma dan World Council of Enterostomal Therapists ( WCET ) yang merupakan wadah dari profesi ETN di dunia.

Suatu hari sewaktu saya mendapat kesempatan bertemu dengan beliau di HongKong ( saat pendidikan ) 1995, Beliau hadir di kelas dan memberikan kuliah yang sangat luar biasa. Ia mengatakan bahwa, sebagai seorang Enterostomal Therapy Nurse, sudah seharusnya ia akan merubah dunia ostomate yang sebelumnya gelap menjadi terang benderang. Hal yang paling menggembirakan buat Norma Gill adalah ia dapat bertemu dengan ET-nurses baru di seluruh dunia, yang akan membantu para ostomate untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. Norma Gill wafat pada tahun 1998, tepat pada saat saya menyadari bahwa saya ingin membuat Gill – Gill yang lain.

depan3

Sejak training pertama di Cleveland clinic, USA, tanggung jawab keilmuan Enterostomal Therapist semakin berkembang, kemudian berdirilah sekolah perawatan Enterostomal Therapist dibawah World Council of Enterostomal Therapist (WCET) atau yang dikenal dengan ETNEP ( Enterostomal Therapy Nurse Education Programme ) .

Di akhir tahun 1970, Enterostomal Therapist mengembangkan diri pada bidang spesialisasi managemen perawatan luka kronik. Awalnya adalah karena keberhasilan dalam merawat komplikasi kulit disekitar stoma. Saat ini, hampir sebagian team Enterostomal Therapist melakukan perawatan luka kronik yang meliputi pressure ulcer, dehisensi luka operasi, fistula, malignant wound, vascular ulcer dan luka diabetikum.

Perawatan klien dengan inkontinensia dikembangkan dalam Enterostomal Therapist dimulai dengan melindungi kulit akibat inkontinensia fekal atau urin sebagai akibat dari pembedahan. Manajemen perawatan dilakukan dengan menggunakan aplikasi kantong untuk menampung urine atau feses. Saat ini managemen perawatan inkontinensia meliputi pengkajian penyebab serta intervensi untuk mengatasi pengeluaran yang terus-menerus.

Demikianlah sekilas tentang ETN di dunia dan perkembangannya dari awal hingga kini. ETN dalam wadah WCET sebagai lembaga non profit internasional telah mengembangkan sayapnya diseluruh penjuru eropa, america dan asia pasific. Keberadaan organisasi ini telah diakui secara international sebagai profesi keperawatan yang profesional. Pengembangan profesi dilakukan dengan mengadakan kongres 2 tahunan dan ETNEP. Di lima tahun terakhir ini, WCET telah membuka diri dengan konsep twinning program edukasi untuk lebih memperluas bidang keilmuan enterostomal therapy nurse terutama di asia, untuk mempermudah adanya kesulitan dalam bahasa .

Peran ETN adalah untuk memberikan perawatan secara langsung dan konseling pada ostomate selama berada di RS dan di rumah.Memfasilitasi rehabilitasi bagi ostomate untuk berhubungan dengan dokter, ahli gizi atau sosial worker. Merancang program edukasi bagi ostomate dan keluarganya dalam bentuk grup / kelompok. Berpartisipasi dalam pendidikan keperawatan dalam hal pembelajaran tentang perawatan ostomi, wound dan inkontinensia Melakukan uji coba produk dan melakukan penelitian yang berhubungan dengan pemakaiannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Melakukan pencatatan data, statistik dan yang berhubungan dengan pelayanan Enterostomal Therapy.